Monday, December 24, 2012

PERKEMBANGAN ANDROID DI INDONESIA


BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Krisis ekonomi tahun 1998 telah menghancurkan sendi-sendi perekonomian Indonesia. Segala sektor dari yang besar sampai sektor terkecil pun terkena imbasnya dan terancam kelangsungan hidup usahanya, bahkan para investor asing berduyun-duyun ‘lari’ mencabut bisnisnya di Indonesia. Akibatnya terjadi banyak pengangguran di mana-mana.
Pemilu 1999 memberikan harapan baru bagi dunia bisnis di Indonesia. Iklim usaha di Indonesia berangsur-angsur pulih. Hal ini juga tidak terlepas karena stabilitas negara yang membaik sehingga gairah investasi muncul kembali. Tatanan perekonomian kembali stabil meskipun kurs rupiah sudah sangat turun dibandingkan sebelum terjadinya krisis. Daya beli masyarakat meningkat lagi dan bisnis-bisnis baru banyak bermunculan.
Di awal millennium ke-21 ini, bisnis di Indonesia tumbuh dengan pesat. Banyak pelaku-pelaku bisnis baru bermain di berbagai segmen pasar konsumen. Paling banyak sektor yang berkembang secara dominan adalah sektor telekomunikasi dan waralaba (franchise).
Sektor telekomunikasi bisa berkembang pesat karena kemajuan teknologi global khususnya di bidang handphone dan internet.Bidang internet juga menunjukkan grafik kemajuan pesat. Banyak orang kini dalam berbisnis tidak bisa terpisahkan dengan dunia internet bahkan bidang usahanya adalah di dalam dunia maya internet. Hal ini otomatis memberikan peluang bisnis bagi pebisnis untuk berusaha diantaranya dalam jasa warnet.
Sektor lain yang berkembang pesat adalah sektor bisnis waralaba. Maraknya bisnis seperti ini dikarenakan masyarakat yang mempunyai dana ingin berusaha tetapi tidak susah-susah memulai dari nol. Berbisnis dengan cara ini dianggap lebih mudah dan menguntungkan.
Bisnis lain yang berkembang pesat pada periode 1999-2008 adalah bisnis properti terutama di kota-kota besar. Bisnis properti ini juga merambah kalangan menengah ke bawah yaitu bisnis perumahan.dan pendirian kios-kios murah. Masyarakat menengah ke bawah juga diberi kesempatan agar mampu mengembangkan usaha bisnisnya. Namun meliahat kenyataan yang ada di lapangan, bisnis-bisnis itu sebagian besar masih dikuasai pelaku lama. Pelaku baru memang ada, tetapi kuantitas bisnisnya cenderung stagnan.
Di dalam dunia usaha di Indonesia, jenis yang paling banyak digiatkan masyarakat adalah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hal ini terbukti dari seluruh unit usaha di Indonesia yang mencapai 45,7 juta unit usaha (2006), 98% masyarakat bergerak dalam sektor UMKM. Sektor yang paling banyak dilirik adalah jenis usaha berdagang di pasar, warung kaki lima, usaha kerajinan dan produksi barang dalam skala kecil sampai dengan menengah.

B. Sejarah Android
Kerjasama dengan Android Inc.
Pada Juli 2005, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.
2007-2008: Produk awal
Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).
Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat bergerak (mobile) yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.
Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.


BAB II
PEMBAHASAN
 A.     Pengertian Android
Android adalah sistem operasi untuk aplikasi mobile yang berbasis Linux. Operating System Android ini di keluarkan oleh Google untuk menyaingi Windows, Apple dan pesaing-pesaingnya. Melihat pasar mobile yang begitu cepat maka Google melihat suatu peluang bisnis yang besar dan Google sangat berambisi untuk ikut di dalam persaingan teknologi mobile phone ini.
Android itu sendiri adalah sebuah aplikasi open source yang memungkinkan untuk pengguna membuat sendiri dan mengembangkan aplikasi android tersebut.

B.     Perkembangan Android
Android versi 1.1
Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5 (Cupcake)
Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Android versi 1.6 (Donut)
Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps – aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.
Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

Android versi 2.3 (Gingerbread)
Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.

Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)
Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

C.     Perkembangan Android di Indonesia
Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi menyebabkan semakin banyak orang mengerti akan pentingnya fungsi komputer dalam membantu pekerjaan mereka. Saat ini perkembangan komputer telah membawa perubahan besar dalam berbagai bidang diantaranya bidang Politik, Ilmu Pengetahuan, Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Kesehatan. Perkembangan teknologi informasi, selain perkembangan aplikasi desktop pada komputer juga meliputi perkembangan aplikasi mobile. Seperti yang kita ketahui saat ini, kebutuhan manusia tidak pernah terbatas seperti kebutuhan komunikasi salah satunya. Sehingga, handphone yang kita kenal sebagai alat telpon (komunikasi) genggam semakin berkembang pesat dengan aplikasi-aplikasi terbaru dan bermanfaat untuk kebutuhan manusia di saat ini.
Semakin berkembang aplikasi mobile maka, terciptalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan untuk perangkat mobile berbasi linux yaitu android. Pada awalnya sistem operasi ini dikembangkan oleh Android Inc. yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005. Dalam usaha untuk mengembangkan Android, pada tahun 2007 dibentuklah Open Handset Alliance(OHA), sebuah konsorsium dari beberapa perusahaan dengan tujuan untuk mengembangkan standar terbuka untuk perangkat mobile. Kelebihan dari android sendiri bagi para pengembang aplikasi mobile adalah dengan software Development Kits (SDK) yang lengkap, dilengkapi dengan emulator yang membantu untuk menguji coba aplikasi yang dibuat serta dokumentasi yang lengkap. Serta tidak ada biaya lisensi untuk memperoleh SDK ini. Android merupakan pilihan yang tepat untuk pengembang.
Selain dari segi pengembang aplikasi mobile, android juga mempunyai kelebihan dari sisi pengguna android (user). Android menawarkan sebuah lingkungan yang berbeda untuk pengembang. Setiap aplikasi memiliki tingkatan yang sama. Android tidak membedakan antara aplikasi inti dengan aplikasi pihak ketiga. API yang disediakan menawarkan akses ke hardware maupun data-data ponsel sekalipun, atau data system sendiri. Bahkan pengguna dapat menghapus aplikasi inti dan menggantikannya dengan aplikasi pihak ketiga. Disinilah yang membuat OS android berbeda dengan OS mobile lainnya. User dapat dengan mudah mendapatkan berbagai aplikasi yang uptodate,hanya tinggal mendownload saja.  Sehingga user dapat dengan leluasa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Contohnya ada beberapa aplikasi yang sudah siap untuk di download oleh user android seperti mapping, pariwisata, cara memasakdengan resep jitu dll. Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan aplikasi pihak ketiga yang dikembangkan oleh pengembang menggunakan android. Jadi android mempunyai kelean bagi bihara pengembang aplkasi-aplikasi mobile (aplikasi pihak ketiga) dan juga sebagai pengguna mobile android dapat dengan mudah mendapatkan  berbagai aplikasi pihak ketiga tersebut. Cukup dengan mendownload nya di tempat browser yang tersedia di mobile tersebut.
Berdasarkan kelebihan android seperti yang telah di sebutkan di atas maka, kini saya akan membahas perkembangan android khusus di Negara Indonesia yaitu, pasar Android di Indonesia akan berkembang seiring dari banyaknya operator selular dan Produsen smartphone gencar menyuarakan Open source Android. Pangsa Pasar smartphone Indonesia yang besar memungkinkan smartphone yang murah dan mempunyai feature yang lengkap sesuai dengan karateristik dari masyarakat Indonesia
Saat ini kita bahas salah satu operator yang gencar menyuarakan android yaitu Indosat. Pada bulan Maret lalu Indosat melakukan road show di 7 kota yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Jogyakarta, Malang, Surabaya, dan Makassar. Indosat memperkenalkan Teknologi smartphone yang mempermudah komunikasi, tampilan yang menarik, serta aplikasi yang mudah dioperasikan. Dalam Road Show ini Indosat juga melakukan seminar dan edukasi kepada pengunjung. Dalam seminar ini, pengunjung bisa lebih mengetahui apa itu Android, sejarah, kelebihan serta platform dan variasi aplikasi yang dimiliki. Apa yang dilakukan Indosat akan diikuti oleh operator selular lain yang melihat potensi dan peluang bisnis dari Open Source Android ini.
Disamping operator selular yang gencar, banyaknya komunitas programmer yang menyuarakan Android membuat perkembangan Andorid di sini menjadi cepat. Seperti komunitas Android-Indonesia
Pada saat ini, perkembangan android di Indonesia dipengaruhi oleh banyaknya smartphone yang telah beredar di Indonesia dan keinginan berbagai produsen smartphone tersebut untuk memangkas biaya produksi sehingga menghasilkan produk smartphone yang berkualitas dan mempunyai harga jual yang lebih terjangkau daripada menggunakan OS yang lainnya. Persebaran smartphone berandroid di Indonesia yang besar memungkinkan smartphone yang murah dan mempunyai feature yang lengkap sesuai dengan karateristik dari masyarakat Indonesia.

Penyebab mengapa Android dapat berkembang cepat di Indonesia.

1. Update rutin
Android selalu melakukan update secara terus menerus, melakukan perbaikan perbaikan berbagai bugs dan penambahan fitur yang menjadikan OS semakin lebih bagus dari versi sebelumnya.
2. Open source
Android adalah OS open source yang gratis jadi dilihat dari segi harganya akan lebih murah daripada smartphone yang ber OS tidak gratis, disamping itu OS android memungkinkan para programmer programmer untuk mengembangkan atau membuat aplikasi berbasis Android.
3. Didukung oleh Vendor Kelas Atas
Dukungan penuh dari vendor-vendor kelas atas seperti Samsung, HTC, Motorola dll dalam menghasilkan smartphone yang berkelas akan membantu menaikkan pamor android.
4. Merek Google
Reputasi Google  yang tidak diragukan lagi menjadi keunggulan tersendiri bagi Android. Hal ini membuat konsumen yakin bahwa OS Android adalah OS yang benar benar bagus dan berkualitas.
5. User Friendly
Tegnologi layar sentuh, membuat mudah dalam penggunaannya serta didukung oleh tampilan yang menarik.

D.     Prospek Perkembangan Luar Biasa Android di Indonesia

Sekitar dua tahun yang lalu ketika pertama kali telepon genggam berbasis Android resmi masuk di Indonesia, harganya masih sangat mahal dan produknya pun masih langka. Sekarang keadaannya sudah sangat berbeda. Banyak vendor baik lokal maupun luar memasarkan berbagai macam handset berbasis Android di Indonesia. Harga dan jenisnya pun bervariasi, mulai dari yang low-end, berharga di bawah Rp 1 juta, hingga yang high-end dengan harga di atas Rp 5 juta.Fenomena yang menarik adalah handset Android yang berharga murah. Dengan masuknya berbagai jenis handset murah berbasis Android di Indonesia, Android makin menyentuh para konsumen yang berdaya beli rendah seperti mahasiswa. Masyarakat pun sekarang makin mudah untuk mencoba berbagai teknologi baru yang disajikan oleh Android karena harganya yang makin terjangkau dan jenisnya yang semakin beragam.
Handset Android dengan segala daya tariknya berpotensi menggeser pasar telepon genggam yang ada di Indonesia saat ini. Bukan tidak mungkin produk ini akan menjadi handset “sejuta umat” berikutnya di Indonesia.Hal ini tentu membuka peluang baru bagi para pengembang aplikasi mobile yang ingin menargetkan kepada pasar lokal. Ditambah dengan dukungan sistem pembayaran aplikasi berbayar serta berbagai jenis jasa mobile advertising yang tersedia, para pengembang aplikasi mempunyai banyak opsi untuk menjual aplikasi Android yang mereka kembangkan.
Kesempatan untuk menghasilkan pemasukan dari mengembangkan aplikasi Android pun semakin terbuka lebar bagi para pengembang lokal. Salah satu kesempatan baik yang bisa dimanfaatkan untuk menjual dan memperkenalkan karya mereka ke dunia luar adalah dengan mengikuti berbagai kompetisi. Salah satu yang sedang berlangsung saat ini adalah kompetisi pengembangan aplikasi Android yang diselenggarakan IDBYTE bersama Qualcomm dan HTC, “IDBYTE Android Mobile Applications Development Competition”.Kompetisi ini mengajak para pengembang aplikasi mobile lokal, terutama yang berbasis Android, untuk mengajukan karya terbaik mereka terutama yang bertema pariwisata. Para pengembang aplikasi Android lokal bisa memanfaatkan momentum ini untuk membuat dan memasarkan aplikasi mereka ke pasar yang lebih luas. Yang diperlukan hanyalah kemauan, kerja keras, dan kreativitas, sehingga momentum ini bisa dioptimalkan demi kemajuan industri digital Indonesia

E.     Android dan Peluang Bagi Para Pengembang Aplikasi Lokal

Popularitas Android terus bertumbuh, bukan hanya dari jumlah perangkat yang mengadopsi platform ini, tetapi juga para operator telekomunikasi yang mulai memberikan fokus yang lebih pada platform opensource yang dikembangkan Google ini.
Beberapa waktu yang lalu, Kompas memuat artikel yang memberitakan bahwa kini Telkom dengan produk Flexi mereka akan mulai menyasar para konsumen yang tertarik dengan Android, dengan menyediakan Android untuk pengguna CDMA pertama yang bekerjasama dengan beberapa vendor ponsel lewat sistem bundling.
Kompas juga menuliskan bahwa, Flexi menggandeng 150 mitra penyedia konten dan akan meluncurkan Flexi Market yang nantinya bisa ditemukan di Android Market. Aplikasi ini dikabarkan akan dirilis bulan September ini.
 Melihat perkembangan ini, saya mencoba melakukan wawancara via email dengan Agus Hamonangan, sebagai founder dari ID-Andorid, untuk melihat bagaimana pandangan beliau atas perkembangan dari Flexi ini, dan secara keseluruhan tentang perkembangan yang terjadi di komunitas pengembang Android di Indonesia.
Tentang Android Flexi (kita sebut saja demikian), Agus Hamonangan mengatakan bahwa, perkembangan ini akan sangat baik untuk menunjang perkembangan pengembang Android lokal dan memenuhi kebutuhan aplikasi dengan rasa lokal yang dibutuhkan oleh pengguna, perkembangan yang dilakukan Flexi ini adalah sebuah peluang dan juga tantangan, “sebab aplikasi yang ada di android market kebanyakan gratis, para pengembang lokal harus bisa menemukan bisnis model yang menarik dan menguntungkan”.
Model bisnis bisa menjadi hal yang serius bagi para pengembang, produk yang dikembangkan oleh para pengembang tentu harus diganti dengan pemasukan untuk membiayai produksi pengembangan aplikasi lain, model usaha yang biasanya dijalankan oleh pengembang antara lain, aplikasi yang bersifat gratis bisa berperan sebagai portofolio untuk mengejar proyek yang didasarkan dari keahlian para pengembang atas aplikasi yang mereka kembangkan atau dengan sistem mobile advertising.
Ditambahkan bahwa semakin menjamurnya platform Android di tanah air, maka akan dibutuhkan aplikasi lokal yang memang khusus dibuat oleh pengembang lokal, dimana pengembang lokal ini harus siap bersaing juga dengan pengembang dari luar negeri.
Untuk masalah konsumen juga memberikan persoalannya tersendiri, beberapa kali saya sendiri diberi pertanyaan oleh teman-teman disekitar saya tentang apa itu Android dan apa keunggulan yang ditawarkannya, ini menjelaskan bahwa konsumen ternyata belum semuanya paham tentang keungulan dan layanan yang ditawarkan oleh Andorid.
 Untuk permasalahan ini, dijelaskan bahwa, “mungkin mindset kebanyakan masyarakat kita selama ini adalah opensource itu susah, ribet, dll. Untuk itulah dibutuhkan sosialisasi Android yang melibatkan 4 pihak: Google, vendor ponsel, operator/telco, komunitas ID-Android.”
Perkembangan developer Android lokal sekarang ini, dan hubungannya tentang pendapatan yang mereka dapatkan? dijelaskan bahwa tantangan yang harus dihadapi oleh pengembang aplikasi lokal adalah, apakah mereka siap atau tidak untuk menghadapi pengembang luar yang aplikasinya keren dan juga gratis.
Developer lokal harus mulai dari dalam, artinya bikin aplikasi lokal yang berguna bagi user Indonesia. Baru bikin aplikasi yang global dan keren, agar siap beradu di pasar aplikasi global. Bisnis modelnya kedepan adalah “MOBILE ADVERTISING”  yang bisa jalan disetiap aplikasi yang kita bikin. Peluang bagi pengembang aplikasi lokal juga masih terbuka lebar, baik di pasar lokal maupun international, tetapi tidak terlepas juga dari tantangan serta kesulitan yang biasanya muncul bagi pengembang lokal, berikut penjelasannya:
1. Untuk aplikasi yang ditaruh di Android market, tantangannya adalah belum adanya payment gateway dari Indonesia, sehingga kita hanya bisa download aplikasi gratis.
2. Untuk aplikasi yang ditaruh di “local app store”  kurang menariknya pembagian. Share hasil penjualan aplikasi, para developer lokal kebagian kecil sekitar 50%, Operator 30% dan CP 20%. Harusnya peran Content Provider  (CP) ditiadakan, langsung saja local app storel itu diurus operator, sehingga pembagian bisa 80% untuk pengembang dan 20% untuk Operator.
Masih berhubungan dengan konsumen, meski sudah banyak pendekatan langsung pada konsumen, baik itu yang dilakukan oleh vendor ponsel, perusahaan telekomunikasi ataupun para pengembang sendiri, memang masih butuh waktu bagi Android bisa dikenal dan terutama digunakan oleh masyarakat yang lebih luas.
Beberapa hari yang lalu saya mencoba untuk memperhatikan toko-toko penjualan ponsel di salah satu pusat pertokoan ponsel di Bandung, beberapa ‘hiasan’ atau banner iklan di toko-toko tersebut masih didominasi oleh pajangan atau iklan BlackBerry, yang memang kini menjadi ponsel populer, namun dominasi ini sepertinya akan mulai berubah, salah satunya adalah dengan akan semakin banyak muncul ponsel-ponsel Android yang menyasar pengguna menengah-bawah, dan tentu saja komunitas para pengembang juga akan memegang peranan penting, seiring dengan tren kedepan perangkat bergerak dan telekomunikasi yang akan menitikberatkan pada konten, bukan lagi tarif telepon.
Bagaimana dengan pendapat Anda tentang perkembangan Android di tanah air? Apakah Anda juga salah satu pengembang Android, bagaimana pengalaman Anda mengembangkan aplikasi Android? Dan bagaimana pendapat Anda tentang platform ini dalam waktu kedepan?
F. Kelebihan Android dibanding BlackBerry
HP Android semakin mendapat tempat saat ini. Hampir semua smartphone dari berbagai produsen ponsel memakai Android sebagai basis sistem operasinya. Dan harus diakui, keberadaan OS Android ini semakin menambah sempit ruang pasar smartphone BlackBerry. Seperti banyak diberitakan, bahwa BlackBerry semakin menurun dalam penjualan dan tergeser dengan banyaknya teknologi yang semakin canggih dari lain produk. Dan berikut ini beberapa diantaranya perihal kelebihan Android dibanding BlackBerry, yang dihimpun dari beberapa sumber.
1. Performance
* BlackBerry terkenal cepat dan juga stabil. Tetapi pada saat tertentu, ketika BlackBerru sedang hang, kita harus mencabut baterai BB. Dan ketika harus re-boot bisa memakan waktu tiga sampai delapa menit.
* Android: sangat cepat. Pada Android, proses reboot berlangsung lebih cepat. Dan pemakai HP Android tidak harus sering mencabut baterai gara-gara hang, kecuali saat ingin mengganti kartu SIM.
2. Aplikasi HP
* Aplikasi BlackBerry memang sangat banyak, tetapi iPhone juga tidak mau ketinggalan bahkan semakin memperlebar jarak lebih dari BlackBerry.
*Aplikasi Android juga semakin bertambah banyak. Aplikasi yang ada pada iOS, sekarangpun sudah terdapat untuk versi Android. Untuk urusan aplikasi HP, persaingan utama sebenarnya antara iPhone VS Android, dan BlackBerry masih dibawah keduanya.
3. Baterai
* BlackBerry memang mempunyai umur baterai yang lama. Ini karena BlackBerry tidak banyak melakukan proses aplikasi seperti halnya pada HP Android.
* Baterai Android memang lebih boros, ini dikarenakan pemakaian daya untuk melakukan banyak proses. Misalnya, ketika browsing di internet dan juga saat melihat video dengan waktu 1 jam, pastinya akan banyak memakan daya baterai. Tetapi apakah BlackBerry juga bisa melakukan proses yang sama seperti Android tersebut.
4. Email
* Email BlackBerry memang menjadi salah satu andalan dari produk RIM ini. Gmail misalnya, sudah dimaksimalkan fungsinya pada BB, tetapi tetap tidak bisa menyamai seperti pada Android.
* Email Android, pastinya karena sama-sama produk Google, Gmail pada Android tidak diragukan lagi.
5. Web Browsing
 * BlackBerry: banyak yang mengeluhkan, melelahkan browsing menggunakan BB.
 * Android jauh lebih baik untuk urusan web borwsing dibandingkan BlackBerry, atau bahkan dengan mobile OS lainnya.
6. User Interface
 * BlackBerry: banyak keluhan tentang Interface BB, yaitu sangat membosankan.
 * Android: apa banyak pendapat tentang interface Android? Ketika anda harus menjelajahi setiap sudut HP Android anda sekalipun, tidak akan melelahkan dan membosankan.
Itulah beberapa diantara perbandingan kelebihan Android dibanding BlackBerry, tetapi tentu saja masing-masing punya pendapat sendiri.

G. Keunggulan android di bandingkan iPhone.
 Pasti anda sudah ada yang sebagian besar tau? kalo android lebih unggul dari pada iPhone. Mari kita liat perbandingannya mengapa android lebih unggul dibandingkan  iPhone. Android sebuah platform operating sytem yang di kembangkan oleh google memang tengah booming saat ini, siapa sangka
 Nokia yang begitu berjaya dengan Symbiannya, hanya dalam waktu 2 tahun langsung bertekuk lutut oleh Android, dan siapa sangka iPhone yang begitu canggih teknologinya sekarang tidak bisa berbuat banyak di kepung oleh berbagai merk ponsel yang berbasis Android, Tercatat Samsung, Motorola, LG, Sony Ericson berbondong bondong untuk memakai platform Android. selain itu android lebih unggul os nya ketimbang iPhone yang masih menggunakan windows mobile.
Ponsel Android punya layar yang lebih besar
IPhone hanya memiliki satu pilihan ukuran layar, yakni 3,5 inci. Tetapi, beberapa ponsel Android seperti Atrix, Droid X, HTC EVO, dan Nexus S menawarkan layar 4 inci, bahkan lebih besar. Ruang ekstra tersebut sangat baik untuk pengguna yang ingin menonton film, bermain game, atau melihat halaman web secara penuh di ponsel mereka.
Sesuaikan layar utama ponsel Anda
 Ponsel Android memberi Anda banyak pilihan dalam mengkustomisasi layar utama ponsel. Anda bisa menambahkan widget yang bisa menerima update konstan mengenai cuaca, RSS feed dan update Facebook atau Twitter. Selain itu, Anda juga bisa mem-bookmark kontak favorit Anda langsung pada layar utama sehingga bisa membukanya sewaktu-waktu hanya dengan satu sentuhan.
Kekuatan kamera yang lebih besar
 Banyak ponsel Android seperti Droid Incredible dan HTC EVO 4G memiliki kamera berkekuatan 8 megapiksel dan mampu merekam video HD 720p. Sementara itu, iPhone 4 hanya bisa merekam video HD dan kekuatannya hanya 5 megapiksel.
Memutar video HD di TV
 Terdapat banyak perangkat Android yang menawarkan port HDMI untuk memainkan video HD pada TV layar besar. Hal ini tak akan mungkin Anda temui pada iPhone, ponsel buatan Apple itu hanya memiliki konektor standar iPod. Alhasil, Anda tak akan pernah bisa menonton video HD sebenarnya di TV Anda hanya dengan menghubungkannya ke TV.
Perbesar ukuran penyimpanan Anda
 Sebagian besar ponsel Android memungkinkan adanya perbesaran kapasitas ruang penyimpanan. Anda bisa langsung mengganti kartu SD yang ada dengan kapasitas yang lebih besar. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang ingin memiliki ruang lebih besar untuk musik, video, dan aplikasi pada ponsel.
Nikmati kecepatan prosesor yang lebih cepat
 Dimulai dengan Atrix, kita mulai melihat ponsel Android yang memiliki prosesor dual core yang dapat menawarkan kecepatan mengagumkan dalam ponsel. Saat diuji, salah satu prosesor memang sangat mengesankan. Apa kekurangannya? Semua kecepatan dan kekuatan untuk pemrosesan akan mematikan baterai Anda.
Ambil manfaat dari kecepatan data 4G
 Gelombang besar ponsel Android 4G akan muncul di pasar tahun ini. Beberapa operator sudah memiliki layanan untuk itu, seperti Sprint dan T-Mobile. Tampaknya, konsensus untuk melihat iPhone 4G paling cepat yakni pada awal 2012

H. Beberapa Kelebihan Android dibanding Apple
Kini ranah ponsel pintar dikuasai oleh 3 OS mobile utama, yaitu iOS, Android, dan BlackBerry. Diantara ketiganya ada dua yang bersaing ketat di model ponsel layar sentuh, siapalagi kalau bukan ponsel Android dan iPhone. Sementara perdebatan mengenai yang mana ponsel yang lebih baik tidak akan pernah ada habisnya bila membahas kedua OS mobile tersebut, kini Jared Spurbeck (kontributor Yahoo news) memberikan pandangannya mengenai apa yang dimiliki Android yang tidak bisa dilakukan Apple, berikut adalah alasannya:
Android datang dengan berbagai bentuk dan ukuran
 Tidak suka dengan desain iPhone? Sayang sekali anda mau tidak mau harus menerima desainnya tersebut. Berbeda dengan ponsel Android yang memiliki banyak sekali model, spesifikasi, dan ukuran layar yang berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan kantong dan kebutuhan konsumen (termasuk adanya ponsel Android dengan papan ketik QWERTY fisik).
Menjalankan game PlayStation
 Meski iOS menang dengan jumlah aplikasinya yang banyak serta menarik. Aplikasi Android juga tidak mau kalah dimobile gaming, apalagi dengan adanya Xperia Play, ponsel Android pertama bersertifikasi PlayStation. Banyak sekali game menarik yang dapat dimainkan dengan terhubung ke jaringan PlayStation, menawarkan game Android khusus ponsel bersertifikasi PlayStation.
Beli aplikasi dari Amazon
 Berbeda dari iOS, Amazon yang sudah dikenal luas juga memiliki aplikasinya sendiri di Android, membuat semakin banyak pilihan aplikasi gratis yang dapat diunduh. Meski begitu rata-rata aplikasi berbayarnya hanya dibanderol $4.99
Berbagai hal lainnya
 Seperti contoh, iPhone tidak mendukung text reflow, yang merupakan fitur Android untuk zoom in teks dalam suatu situs web yang sudah fit di layar. iOS juga tidak mendukung widget di tampilan utama yang bisa memberikan pengelaman lebih ke pengguna ponsel tanpa harus membuka aplikasi.
 Kesimpulannya mungkin bisa dibilang sebagai berikut, iPhone memiliki banyak aplikasi dan desain ponsel terbaik, menjadikannya bisa laris manis meski hanya memiliki 1 ukuran layar dan model yang terbatas. Sedangkan Android hadir mengisi kekurangan Apple dengan kode program yang lebih terbuka (open source), membuat banyak manufaktur tertarik dan memproduksi sekali ponsel Android. Ini yang menjadi dasar perkembangan Android yang begitu pesat dan memiliki fitur yang tidak ada di iPhone.(yahoonews)

I. CARA INSTAL ANDROID DI PC ATAU LAPTOP
Tak dapat dipungkiri lagi bahwa kekuatan OS Android yang baru muncul di ranah mobile perlahan-lahan menggeser dominasi pemain-pemain lama. Di negeri Paman Sam, Windows Mobile, Blackberry bahkan iOS terpaksa harus mengakui kehebatan robot hijau ini. Jelas saja jika banyak orang yang ingin mencoba gadget ber-OS Android.
Untuk saat ini gadget dengan OS ini yang tersedia di pasaran masih pada kisaran 1.5 jutaan. Nah, saya ada cara nih agar kita bisa menikmati OS ini di PC/laptop kita. GRATIS!! Tanpa harus keluar uang ^^ Walaupun ada, mungkin hanya untuk biaya koneksi internet saja. Yah, memang sih tutor kali ini sudah banyak website/blog lain yang telah mempostingnya, tapi kali ini saya akan lebih mempermudah langkah-langkahnya serta mempersingkat uraiannya. Nah, sekarang mari kita ikuti langkah-langkah nya;
Pertama, ada baiknya jika anda mengunjungi terlebih dahulu postingan saya mengenai live android, “LIVE ANDROID, Android Di PC Anda”.
Kedua, arahkan halaman peramban anda pada alamat http://code.google.com/p/android-x86/downloads/detail?name=android-x86-2.2-generic.iso&can=2&q=. Kemudian, unduhlah file tersebut dengan nama android-x86-2.2-generic.iso & file ini berukuran 82.4 MB.
Ketiga, Setelah filenya terunduh, kamu akan mendapatkan file ISO: android-x86-2.2-generic.iso. File iso ini siap untuk di-burning pada CD/DVD. Gunakan aplikasi kesukaanmu untuk melakukannya dan apabila kamu ingin booting via usb, kamu bisa menggunakan unetbootin. Software nya dapat kamu download disini http://unetbootin.sourceforge.net/unetbootin-windows-latest.exe.
Keempat, ketika file iso live android tersebut telah di-burn dengan sempurna pada CD/DVD ataupun di boot di usb anda maka live android telah siap digunakan. Silakan masukan CD/DVD hasil burning kamu atau colokan usb hasil booting kamu. Kemudian restart PC/Laptop kamu dan masuk ke opsi BIOS setting, ubah target booting menjadi dari disc drive/removetable disk. Simpanlah perubahan tersebut. Tunggu beberapa saat untuk restart.
Kelima terakhir, PC akan booting secara otomatis dari CD/DVD hasil burning-an atau usb hasil booting tadi, Tunggulah sebentar hingga muncul opsi untuk settingan resolusi layar. Pilih yang sesuai dengan layar moniter kemudian klik ENTER. Kemudian, Live Android akan segera berjalan di PC/Laptop anda…

Anda dapat mengelola layar Android ini lewat mouse dan keyboard fisik pada PC/laptop anda. Untuk masuk kedalam jaringan komputer, silakan tekan [Alt] + [F1]. Jikalau ingin mengganti interface dan konsol Android, silakan tekan [Alt] + [F7].

J. Cara Install Android Di Hp –
Berikut ini adalah  cara install android di hp yang pastinya sudah dicari-cari oleh pengunjung setia di jualbeliforum. Jika anda ingin tahu  cara install android di hp. Silakan anda membaca artikel tentang  cara install android di hp dibawah ini.
Cara Install Android Di Hp
 I. Download dan install Eclipse
Pengembangan aplikasi Android ini dilakukan menggunakan Eclipse sebagai IDE. Penulis menggunakan Eclipse versi 3.5 (Helio).
            1. Download eclipse dari:
 http://www.eclipse.org/downloads/pac…pers/heliossr1
            2. Pilih tipe sistem operasi anda
            3. Download-lah IDE Eclipse tersebut.
4. Setelah selesai, extract file .zip yang telah di-download tersebut ke direktori yang anda inginkan. Misalnya C:\Program Files\Eclipse
5. Ketika pertama sekali anda menghidupkan Eclipse, anda akan diminta untuk menentukan direktori workbench anda. Workbench adalah direktori kerja anda dalam mengembangkan aplikasi Android nantinya. Tentukanlah direktori tersebut. Misalnya: D:\PlayingWithAndroid

 II. Download dan Install Android SDK di Eclipse
            Setelah kita selesai dengan Eclipse, yang selanjutnya perlu dilakukan adalah menginstall Android SDK dan plugin Android Development Toolkit (ADT) untuk Eclipse. Kedua file ini bisa didapatkan dari:
 http://developer.android.com/sdk/index.html (untuk SDK)
 nb: Jangan lupa untuk menginstall Android SDK yang kita dapatkan dari link di atas. Pilih “installer_r10-windows.exe” (yang direkomendasikan pada halaman web tersebut)
            http://developer.android.com/sdk/eclipse-adt.html (untuk ADT)
Untuk sementara ini, kita tinggalkan dulu ADT karena akan kita install langsung dari dalam Eclipse nantinya. Kita akan beralih ke Eclipse. Pada Eclipse, lakukanlah langkah-langkah berikut:
            1.    Pada Eclipse, pilih menu “Help”. Lalu pilih “Install New Software”
2. Masukkan alamat berikut pada textbox “Work with”: https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ lalu tekan “Add”
3.   Pada dialog box “Add Repository”, masukkan nama software yang akan di-install dan klik OK
4.   Eclipse akan mencari komponen yang dibutuhkan pada alamat yang tadi kita ketik. Mohon bersabar.
5. Setelah proses selesai, centanglah checkbox “Developer Tools”, lalu klik Next
6. Eclipse akan menginformasikan software2 yang akan di-install pada anda. Klik “Next”, dan klik “Finish” pada halaman berikutnya
7. Mohon bersabar selagi Eclipse menginstall komponen2 yang dibutuhkan . Jika muncul “Security Warning”, klik saja “Yes”.
 8. Mungkin akan muncul perintah untuk me-restart Eclipse.   
 Lakukanlah.
 9. Setelah itu, pilihlah menu “Window” dan pilih “Android SDK and AVD Manager”
10. Pada “Android SDK and AVD Manager”, pilih “Available Package” dan centanglah pilihan2 berikut pada “Android Repository”:
 • Android SDK Platform Tools, revision 1
            • Documentation for Android SDK, API 9, revision 1
 • SDK Platform Android 2.3, API 9, revision 1 (sesuai pilihan anda). Note: anda tidak perlu mencentang semua SDK Platform Android yang ada
 • Sample of SDK API 9, revision 1 (jika diperlukan)
            Kemudian pada “Third party add-ons”, centanglah:
• Salah satu dari Google API yang sesuai dengan SDK Platform yang anda install (dalam kasus ini: Google API, Android API 9 , revision 1)
           • Google USB Driver Package
            • Google Market Licensing
11. Klik “Install Selected” dan selanjutnya pilih “Accept” jika anda sudah yakin dengan pilihan2 yang anda buat, dan klik “Install”
            12. Eclipse akan menginstall semua komponen yang anda pilih
           tadi.

Cara 1 Install Android Di Hp
 1. Pastikan koneksi Internet anda aktiv dan siap untuk menjelajah seribu pernak pernik ponsel android.
 2. Kalo Internet paket Ponsel Android anda sudah aktiv, sekarang siapkan diri anda.
 3. Sebelum menggunakan Market Android yang sudah tersedia di Ponsel   Android,sobat harus membuat akun email.
 4. Akun email digunakan untuk masuk ke Android Market.
 5. Masuk ke Market Android yang ada di ponsel android.
 6. Silahkan menjelajah dan mencari ribuan aplikasi yang disediakan AndroidMarket.
 7. Pilih aplikasi apa yang mau di download.
 8. Setelah aplikasi berhasil di download
 9. Lalu nanti akan perintah instal.
 10. Selesai.

Cara 2 Install Android Di Hp
            1. Android Market
            Tentunya bagi Droiders pemegang HP android, cukup akrab dengan market besutan google ini. Selain lengkap dan beragam Droiders pun cukup mudah mengunduh aplikasi yang ditawarkan. Begitupun ketika aplikasi tersebut tersedia versi update, maka notifikasi HP menginformasikan agar Droiders segera mengupdate aplikasi yang telah Droiders unduh.

 2. Android SDK
            Kalau dengancara di atas aplikasi yang ingin diinstal tersedia di Android Market, lalu bagaimana jika Droiders dapat file APK sumber lain, misalnya dari website/forum lain yang memang menyediakan file APK untuk di instal? Nah android SDK merupakan jawaban yang tepat, Sayangnya cara ini tak mudah tapi juga tak terlalu sulit. Nah, langkah-langkahnya adalah?
Download dan instal program Android SDK dan Android USB Driver pada PC Droiders. Android SDK bisa diunduh di http://developer.android.com/sdk/index.html dan Android USB Driver di http://developer.android.com/sdk/win-usb.html.
 * Ganti settingan pada HP AndroidDroiders untuk mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber daya lain. Pada menu >Setting>Application Settings>Unknown Sources. Lalu pada menu >Setting>SD Card&Phone Storage>Aktifkan koneksi ke USB.
 * Langkah terakhir, buka Command Prompt Windows dan ketikkan “adb install /.apk”.
 * Ganti dengan path yang menuju ke file APK tersimpan dan ganti dengan nama file APK, sebagai contoh adb install C: angry birds.apk.
 * Setelah aplikasi sudah terpasang,HP Android Droiders siap digunakan.

 3. Android Injector
            Cara lainnya adalah dengan menggunakan Android Injector. Aplikasi ini dapat Droiders dapatkan dengan meng-googling keyword ‘instal android injector’. Apabila sudah Droiders dapatkan dan download, maka Droiders harus menginstalnya pada PC dan dapat Droiders sematkan pada desktop. Adapun langkah-langkah menginstal aplikasi androidnya sebagai berikut :
 • Koneksikan PC dengan HP android Droiders
 • Setting HP dengan konfigurasi : setting>applications>development>centang tanda USB debugging.
 • Jalankan aplikasi Android injector
 • Klik menu>check for attach devices

 • Pilih file dengan mengklik ‘select file’ yang dapat Droiders cari aplikasi mana yang
   ingin Droiders download
 • Setelah terpilih, klik ‘istal to devices’, maka aplikasi akan terinstal di HP Droiders



 4. APK Installer
            Cara ini sedikit mirip dengan cara instal aplikasi Android melalui Android SDK, hanya bedanya cara ini lebih mudah dan lebih sederhana karena Droiders tidak perlu melakukan setting pada HP. Dengan aplikasi ini, Droiders dapat menginstal file APK yang ada di computer/PC ke HP Android hanya dengan melakukan double klik file APK tersebut. Berikut langkah-langkahnya :Download aplikasi APKInstaller di
 * http://handheld.softpedia.com/get/Desktop-and-Shell/Windows/APKInstaller-82955.shtml dan instal dengan cara klik file bernama ‘install.bat’.
 *  Setelah diinstal, koneksikanHP AndroidDroiders ke computer/PC.
 * Klik 2 kali file APK yang ada di komputer yang ingin diinstal ke HP Android Droiders.
            Namun jika ingin instal APK tapi tidak ada kabel USB, Droiders dapat gunakan cara lain. MisalnyaDroiders memindahkan file APK via kartu memori, bluetooth, atau mengirim APK ke email, lalu buka email untuk download APK. Gunakan cara yang menurut Droiders mudah,yang penting agar file APK itu bisa pindah ke HP Android Droiders. Setelah file APK tersebut berada pada HP android Droiders,sebelum mendownloadnya aktifkan dulu/check list pada ‘Unknown Sources’ yang bisa di atur di Menu > Setting > Application.

            5. Astro File Manager
            Lain lagi ketika Droiders menggunakan cara via Astro File Manager. Ada banyak jenis aplikasi file manager di android market, salah satunya aplikasi file manager yang bernama ASTRO File Manager.
 Kalau Droiders belum memilikinya, lebih baik Droiders instal dulu ASTRO File Manager ini. Jika Droiders sudah ada, cari file APK yang tersimpan di kartu memori dengan menggunakan ASTRO File Manager. Klik APK tersebut maka akan muncul kotak dialog seperti ini.
 Atau Droiders yang menyimpan aplikasi di Appsaver, dapat membukanya via aplikasi file manager, dan kemudian menginstal sesuka yang Droiders inginkan. Dengan catatan, aplikasi yang terdapat dalam Appsaver, merupakan aplikasi yang pernah Droiders download sebelumnya. Ini cukup efektif pada Droiders yang hobi bergonta-ganti HP android.

III. PENUTUP
A.    Kesimpulan
Android adalah sistem operasi untuk aplikasi mobile yang berbasis Linux. Android itu sendiri adalah sebuah aplikasi open source yang memungkinkan untuk pengguna membuat sendiri dan mengembangkan aplikasi android tersebut.
Penyebab mengapa Android dapat berkembang cepat di Indonesia.
1. Update rutin
Android selalu melakukan update secara terus menerus.
2. Open source
Android adalah OS open source yang gratis jadi dilihat dari segi harganya akan lebih murah daripada smartphone yang ber OS tidak gratis.
3. Didukung oleh Vendor Kelas Atas
Dukungan penuh dari vendor-vendor kelas atas.
4. Merek Google
Reputasi Google  yang tidak diragukan lagi menjadi keunggulan tersendiri bagi Android.
5. User Friendly
Teknologi layar sentuh, membuat mudah dalam penggunaannya serta didukung oleh tampilan yang menarik.

Handset Android dengan segala daya tariknya berpotensi menggeser pasar telepon genggam yang ada di Indonesia saat ini. Bukan tidak mungkin produk ini akan menjadi handset “sejuta umat” berikutnya di Indonesia.Hal ini tentu membuka peluang baru bagi para pengembang aplikasi mobile yang ingin menargetkan kepada pasar lokal. Ditambah dengan dukungan sistem pembayaran aplikasi berbayar serta berbagai jenis jasa mobile advertising yang tersedia, para pengembang aplikasi mempunyai banyak opsi untuk menjual aplikasi Android yang mereka kembangkan. Sehingga kesempatan untuk menghasilkan pemasukan dari mengembangkan aplikasi Android pun semakin terbuka lebar bagi para pengembang lokal.

B.     Kritik dan Saran

Untuk memperbaiki segala kekurangan dari disusunnya makalah ini diharapkan bisa memberikan kritik dan saran yang membangun.
DAFTAR PUSTAKA


http://android-developers.blogspot.com/2011/12/android-403-platform-and-updated-sdk.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)

http://www.infoteknologi.com/selular/apa-itu-android/

http://ictfiles.com/column/2010/04/20/android_dan_perkembangannya

http://ictfiles.com/column/2010/04/20/android_dan_perkembangannya

http://www.android-indonesia.com

http://tekno kompas com/read/2011/06/21/14144268/

http://karimahpatryani.wordpress.com/2011/01/03/perkembangan-bisnis-indonesia/



1 comment:

  1. useful and informative, visit here also a lot of info that adds to
    your knowledge

    ReplyDelete